Kamis, 23 Desember 2010

tugas manajemen umum 10

NAMA : INDAH SULISYANINGSIH
NPM : 33110501
KELAS : 1DB19


Formatif 10
Manajemen Umum

  1. Apa yang dimaksud dengan motivasi ?
Motivasi adalah dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Dorongan itu bisa saja berbentuk: antusiasme, harapan dan semangat. Semua yang kita lakukan setiap hari senantiasa dibayangi oleh adanya motivasi. Misalnya, seorang guru yang mengajar tentu saja memiliki motivasi mengajar, begitu pula seorang atlet memiliki motivasi bertanding, seorang pelajar dengan motivasi belajar, dan lain sebagainya.

  1. Gambarkan framework (kerangka kerja ) dari motivasi ?


kerangka kerja dari motivasi


  1. Gambarkan teori hirarki kebutuhan dari Maslow ?


                                               Teori hirarki kebutuhan dari maslow

  1. Jelaskan teori dua faktor dalam motivasi dari Herzberg ?
Teori motivasi dua faktor dikemukakan oleh oleh seorang psikolog bernama Herzberg. Dinamakan teori dua faktor karena memang Herzberg mengemukakan perlunya memperhatikan dua faktor sebagai bentuk motivasi yang akan diberikan kepada seseorang individu. Faktor-faktor tersebut yaitu:
- faktor yang menyebabkan ketidakpuasan (hygiene/maintenance) yaitu mempengaruhi konteks  tempat, contoh : Gaji, Kondisi kerja, dan Kebijaksanaan Perusahaan.
-  faktor-faktor penyebab kepuasan (motivator) yaitu berkaitan dengan isi pekerjaan dan imbalan prestasi kerja, contoh : Prestasi, Tanggung Jawab, Pengakuan, dan Kemajuan.
Menurut Marwansyah dan Mukaram (2000:157), Faktor hygiene tidak berhubungan langsung dengan kepuasan kerja, tetapi faktor hygiene berhubungan langsung dengan timbulnya ketidakpuasan kerja (dissatiesfier). Oleh karena itu, faktor-faktor hygiene tidak dapat digunakan sebagai alat motivasi, tetapi merupakan alat untuk menciptakan kondisi yang mencegah timbulnya ketidakpuasan.
  1. Jelaskan teori ekpektasi sebagai model dari motivasi ?
teori ekpektasi sebagai model dari motivasi,Teori ekspektasi rasional (rational expectations) diajukan pertama kali oleh John F. Muth pada tahun 1961 pada tulisannya yang berjudul “Rational Expectations and the Theory of Price Movements”. Teori ini kemudian dikembangkan oleh Robert E. Lucas Jr. untuk memodelkan bagaimana agen ekonomi melakukan peramalan di masa yang akan datang.
mengatakan Bahwa orang memilih bagaimana bertindak dari berbagai alternatif tingkahlaku, berdasarkan harapannya apakah ada keuntungan yang diperoleh dari tiap tingkah laku




tugas manajemen umum 7

NAMA : INDAH SULISYANINGSIH
NPM : 33110501
KELAS : 1DB19


  1. Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia – human resource management (HRM) ?
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  1. Sebutkan komponen – komponen dalam HRM dalam konteknya ?
·     Hiring competent & qualified employees Mempekerjakan karyawan yang kompeten & berkualitas
·     Assigning & classifying employees effectively Menetapkan & mengklasifikasikan karyawan secara efektif
·     Motivating employees to perform optimally Memotivasi karyawan untuk melaksanakan secara optimal
·     Stimulating employees professional growth & development Karyawan merangsang pertumbuhan & pengembangan profesional
·     Evaluating & compensating employees fairly Mengevaluasi & kompensasi karyawan secara adil
·     Rewarding employees for their efforts Penghargaan karyawan untuk usaha mereka
·     Providing in service education opportunities Memberikan pelayanan pendidikan dalam kesempatan

  1. Jelaskan tahapan seleksi sumber daya manusia ?
a)Wawancara pendahuluan
b)  Pengumpulan data pribadi
c)  Pengujian / Testing
d)  Wawancara lebih mendalam
e)  Pemeriksaan referensi-referensi prestasi
f)  Pemeriksaan kesehatan
g)  Keputusan pribadi
h)  Orientasi jabatan
i)  Promosi
j)  Transfer
k)  Penataran
l)  Lamaran-lamaran Pribadi
m)  Organisasi buruh atau karyawan
n)  Kantor penempatan tenaga kerja
o)  Sekolah/Pergurusn tinggi
p)  Perusahaan-perusahaan pesaing
q)  Migrasi dan Imigrasi
  1. Apa yang dimaksud dengan internal recruiting ? berikan contoh !
Internal recruiting adalah proses penarikan karyawan dan penyeleksian karyawan yang berasal dari karyawan dalam perusahaan itu sendiri.

  1. Apa yang dimaksud dengan external reckuiting ? berikan contoh !
External Recruiting adalah proses penarikan karyawan dan penyeleksian karyawan yang berasal dari luar perusahaan.


Rabu, 22 Desember 2010

TUGAS MANAJEMEN UMUM 6

NAMA : INDAH SULISYANINGSIH
NPM : 33110501
KELAS : 1DB19


Formatif  6
Manajemen Umum

  1. Sebutkan langkah – langkah proses perubahan di dalam organisasi menurut model Kurt Lewin’s ?
·  Pencairan tingkatan sekarang
·  Perpindahan ke tingkatan baru
·  Pembekuan / pemantapan tingkatan baru
Keyakinan bahwa kemauan dari subyek perubahan merupakan unsur penting baik dalam membuang perilaku lama, pencairan dan perpindahan ke perilaku baru.
Pencairan dan perpindahan secara garis besar sama dengan Action Research. Pencairan meliputi upaya memperlemah daya kekuatan membentuk perilaku organisasi masa kini. Menurut Rubin, pencairan memerlukan bentuk pertemuan konfrontatip bagi yang terkait dangan perubahan.
Perpindahan mencakup tindakan atas hasil langkah sebelumnya. Tindakan perpindahan menuju ke situasi yang lebih baik membutuhkan pengembangan perilaku, nilai – nilai dan sikap – sikap baru melalui perubahan struktur dan proses organisasi.
Pemantapan merupakan langkah terakhir dalam model tiga langkah dan menjadi titik perbedaan dengan Action Research. Pemantapan menciptakan kestabilan dalam organisasi dan memastikan cara – cara kerja baru yang mencakup proses sosialisasi.
Contoh :
·  Rekrutmen dan industri
·  Sistem imbalan
·  Penguatan budaya melalui penciptaan norma perilaku baru2. Proses reengineering meliputi beberapa tahapan, antara lain :
  1. Sebutkan langkah – langkah proses reengineering organisasi ?
-Mengindentifikasi kebutuhan pelanggan.
-Pemetaan dan pengukuran proses-proses yang ada.
-Menganalisis dan memodifikasi proses yang ada.
-Menentukan langkah-langkah inovasi.
-Merekayasa proses dan mengimplementasikan proses baru
  1. Apa yang dimaksud dengan Organization Development – OD ?

Perubahan , dalam bentuk pembaruan organisasi dan modernisasi, terus menerus terjadi dan mempunya pengaruh yang sangat dominan dalam masyarakat kini. Organisasi beserta warganya, yang membentuk masyakat modern , mau tidak mau harus beradaptasi terhadap arus perubahan ini. Perubahan perubahan yang terjadi pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat katagori , yaitu perkembangan teknologi, perkembangan produk, ledakan ilmu pengetahuan dan jasa yang mengakibatkan makin singkatnya daur hidup produk, serta perubahan sosial yang mempengaruhi perilaku, gaya hidup, nila nila dan harapan tiap orang.

  1. Sebutkan asumsi – asumsi dalam Organization Development ?
Ø  Manusia sebagai individu, Dua asumsi penting yang mendasari OD adalah bahwa manusia memiliki hasrat berkembang dan kebanyakan orang tidak hanya berpotensi , dan berkeinginan untuk berkontribusi sebanyak mungkin pada organisasi. OD bertujuan untuk menghilangkan faktor faktor dalam organisasi yang menghambat perkembangan dan menghalangi orang untuk berkontribusi demi tercapainya sasaran organisasi.
Ø  Manusia sebagai anggota dan pemimpin kelompok. Organisasi yang menerapkan OD harus berasumsi bahwa setiap orang dapat diterima dan diakui perannya oleh kelompok kerjanya. Dalam organisasi perlu ditumbuhkan keterbukaan agar para anggotanya dapat dengan leluasa mengungkapkan perasaannya dan pikirannya. Dalam keterbukaan , orang akan mendapatkan kepuasaan kerja yang lebih tinggi, sehingga dengan demikian performansi kelompok akan lebih efektif.
Ø  Manusia  sebagai wadah organisasi. Hubungan antar kelompok – kelompok dalam organisasi menentukan efektivitas masing masing kelompok tersebut. Misalnya bila komunikasi antar-kelompok hanya terjadi pada tingkat manajernya , koordinasi dan kerjasama akan kurang efektif daripada bila segenap anggota kelompok terlibat dalam interaksi.
  1. Sebutkan tehnik – tehnik Organization Development ?
Sensitivity training, merupakan teknik OD yang pertama diperkenalkan dan ayang dahulu paling sering digunakan. Teknik ini sering disebut juga T-group. Dalam kelompok kelomok T (singkatan training) yang masing masing terdiri atas 6 – 10 peserta, pemimpin kelompok (terlatih) membimbing peserta meningkatkan kepekaan (sensitivity) terhadap orang lain, serta ketrampilan dalam hubunga antar-pribadi.
Team Building, adalah pendekatan yang bertujuan memperdalam efektivitas serta kepuasaan tiap individu dalam kelompok kerjanya atau tim. Teknik team building sangat membantu meningkatkan kerjasama dalam tim yang menangani proyek dan organisasinya bersifat matriks.
Survey feedback. Dalam teknik sruvey feedback. Tiap peserta diminta menjawab kuesioner yang dimaksud untuk mengukur persepsi serta sikap mereka (misalnya persepsi tentang kepuasan kerja dan gaya kepemimpinan mereka). Hasil surveini diumpan balikkan pada setiap peserta, termasuk pada para penyelia dan manajer yang terlibat. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan kuliah atau lokakarya yang mengevaluasi hasil keseluruhan dan mengusulkan perbaikan perbaikan konstruktif.
Transcational Analysis (TA). TA berkonsentrasi pada gaya komunikasi antar-individu. TA mengajarkan cara menyampaikan pesan yang jelas dan bertanggung jawab, serta cara menjawab yang wajar dan menyenangkan. TA dimaksudkan untuk mengurangi kebiasaan komunikasi yang buruk dan menyesatkan.
Intergroup activities. Fokus dalam teknik intergroup activities adalah peningkatan hubungan baik antar-kelompok.Ketergantungan antar kelompok, yang membentuk kesatuan organisasi, menimbulkan banyak masalah dalam koordinasi. Intergroup activities dirancang untuk meningkatkan kerjasama atau memecahkan konflik yang mungkin timbul akibat saling ketergantungan tersebut.
Proses Consultation. Dalam Process consultation, konsultan OD mengamati komunikasi , pola pengambilan keputusan , gaya kepemimpinan, metode kerjasama, dan pemecahan konflik dalam tiap unit organisasi. Konsultan kemudian memberikan umpan balik pada semua pihak yang terlibat tentang proses yang telah diamatinya , serta menganjurkan tindakan koreksi.
Grip OD. Pendekatan grip pada pengembangan organisasi di dasarkan pada konsep managerial grip yang diperkenalkan oleh Robert Blake dan Jane Mouton. Konsep ini mengevaluasi gaya kepemimpinan mereka yang kurang efektif menjadi gaya kepemimpinan yang ideal, yang berorientasi maksimum pada aspek manusia maupun aspek produksi.
Third-party peacemaking. Dalam menerapkan teknik ini, konsultan OD berperan sebagai pihak ketiga yang memanfaatkan berbagai cara menengahi sengketa, serta berbagai teknik negosiasi untuk memecahkan persoalan atau konflik antar-individu dan kelompok.

TUGAS MANAJEMEN UMUM 4

NAMA : INDAH SULISYANINGSIH
NPM : 33110501
KELAS : 1DB19


Formatif 4

  1. Jelaskan teori motivasi ERG ?
Kebutuhan dikategorikan :
    • Existence (Eksistensi)
    • Relatedness (Keterkaitan)
    • Growth (Pertumbuhan)
Kebutuhan lebih tinggi mengalami kekecewaan, kebutuhan yang lebih rendah akan kembali walaupun sudah terpuaskan
  1. Mengapa motivasi seseorang dapat dipengaruhi, jelaskan ?
a.    Faktor penyebab ketidakpuasan (faktor hygiene)
Contohnya : Gaji, Kondisi kerja, dan Kabijaksanaan perusahaan.
b. Faktor penyebab kepuasan (faktor yang memotivasi)
Contohnya : Prestasi, pengakuan, tanggung jawab, dan kemajuan
  1. Apa yang dimaksud dengan motivasi dan memotivasi ?
Motivasi yaitu Berbagai faktor yang menyebabkan, meyalurkan, dan mempertahankan tingkah laku individual.
Memotivasi yaitu Proses manajemen untuk mempengaruhi tingkah laku manusia berdasarkan pengetahuan mengenai ”apa yang membuat orang bergerak”
  1. Jelaskan proses pembuatan keputusan secara teori ?
Pengamatan Situasi, contohnya : Definisikan masalah, Diagnotis penyebab,      Tentukan tujuan keputusan.
-Kembangkan Alternatif, contohnya : cara alternatif secara kretif, jangan mengevaluasi dulu.
-Implementasikan keputusan dan monitor hasil, contohnya : Rencanakan implementasi, implementasi rencana, Monitor implementasi dan buat penyesuaian yang perlu.
-Mengevaluasi alternatif dan Memilih yang terbaik, contohnya : Evaluasi Alternatif, pilih alternatif tebaik.

  1. Sebutkan dan jelaskan kondisi – kondisi dimana keputusan harus dibuat ?
-Kepastian yaitu Kondisi pengambilan keputusan saat seorang manajer mempunyai informasi yang akurat, dapat diukur dan dapat diandalkan tentang hasil dari berbagai alternatif yang sedang dipertimbangkan.
-Resiko yaitu kondisi pembuatan keputusan yang didalamnya manajer mengetahui probabilitas suatu alternatif tertentu akan mengarah pada sasaran.
-Ketidakpastian yaitu kondisi pembuatan keputusan ketika manajer menghadapi kondisi eksternal yang tidak dapat diramalkan.