Sabtu, 09 April 2011

Mahasiswa

Mahasiswa atau Mahasiswi adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi.Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai bagian dunia telah mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara. Misalnya di Indonesia pada Mei 1998, ribuan mahasiswa berhasil memaksa Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya.Mahasiswa sangat dikenal sebagai sosok agen pembaharu dalam perkembangan bangsa. Mahasiswa sangat kritis dan peka terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Berbicara mengenai sejarah mahasiswa Indonesia tentunya akan sangat panjang dan penuh perjuangan. Namun berbicara mengenai mahasiswa Indonesia sekarang, seakan tidak pernah jauh dari kehidupan malam, shopping, mall, travelling, drugs, free sex, alcohol, dan sebagainya, meski juga banyak prestasi internasional yang diraih mahasiswa indonesia. kita tidak bisa menyalahkan mahasiswa yang demikian, karena mereka seperti itu karena sistem yang tercipta, yakni bea masuk perguruan tinggi yang mahalnya bukan main baik swasta maupun negeri.

Tampilan mahasiswa sekarang lebih suka menampilkan sosok eksklusif yang tidak bisa merasakan derita rakyat dan memahami problematika bangsa. Mereka hanya bisa ngemall, dugem, ngedrugs, free sex, autis dengan dunianya, dan lain sebagainya. Mungkin orang-orang desa saja yang masih berpikiran bahwa mahasiswa itu orang pinter dan bisa banyak bantu masyarakat (ini dampak dari program KKN).Sekarang semakin sedikit mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi, baik organisasi ektra kampus maupun himpunan mahasiswa jurusan hingga BEM.mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan bersenang-senang, sukur-sukur ada yang bekerja atau belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar