Kamis, 09 Desember 2010

tugas 1 manajemen umum


Manajemen Umum
 05 desember 2010
Tugas pertama

  1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
Karna ilmu ini dapat memberikan pemahaman tentang  tata cara penting dalam rneneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan manajer.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
    1. Manager : seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai tujuan/sasaran organisasi.
    2. Wiraswata : orang yang memiliki pribadi hebat, produktif, kreatif, melaksanakan kegiatan perencanaan bermula dari ide sendiri, kemudian mengembangkan kegiatannya dengan menggunakan tenaga orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.
    3. Wirausaha : suatu usaha yg dijalankan sendiri dengan konsep dasar dewirausahaan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.
    4. Supervisi : mengawasi, meneliti, dan memeriksa yang dipandang sebagai proses dinamis dengan memberikan dorongan dan berpartisipasi dalam pengembangan diri staf dan pelaksanaan keperawatan
  2. Jelaskan 10 peran dari manajer ?
 seorang ahli riset ilmu manajemen (Henry Mintzberg) mengemukakan bahwa ada sepuluh peran dari manajer.Dari kesepuluh peran itu dikelompokkan ke dalam tiga kelompok :
1.Peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
2.Peran informasional, meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
3.Peran pengambilan keputusan, meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
  1. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?
·       Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
·                 Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
·               Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
  1. Coba jelaskan menurut saudara, efisiensi memberikan dampak positif dan keunggulan bagi suatu organisasi ?
            Efisiensi beraggapan bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.dengan efisiensi kita dapat mengevaluasi dengan penilaian-penilaian relative dan membandingkan antara pemasukan dan pengeluaran yang diterima.


nama : indah sulisyaningsih
npm  : 33110501
kelas : 1DB19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar